Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Sukabumi

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Sukabumi . Kampung Tumang, Cepogo berlokasi di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Kampung Tumang tsb disebut sebagai sentra industri kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo. Banyak family Boyolali-Jawa Tengah membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke beragam konsumen. Skill menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, alat merebus air, juga sebagainya walau demikian masa ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan dekorasi masjid, kantor, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo, masa ini, mulai bergairah dgn meningkatnya orderan, baik orderan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Negeri Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya ialah munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para produsen kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga manca negara. Teknologi internet cukup memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke metro. Tidak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke palembang.

Contoh Seni Tembaga ialah robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan sendiri lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam kuningan cukup beragam walau demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini ialah beberapa variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yg dipakai juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya juga murah sebab bahan yg dipakai juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya semestinya otomatis ditambah ongkir.

Problem para produsen kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lainnya, produsen Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen bisa menerima harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tsb, pebisnis kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam wajib kreatif juga wajib memantau permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tdk sekedar menerima orderan kerajinan logam yg dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah namun telah bertambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menarik ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tdk sekedar satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari salatiga. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th berkarya seni logam, AA Gallery bertambah mengerti cara guna menghasilkan seni logam yg bermutu juga sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg penting konsumen terpuaskan.